Tuesday, 1 January 2013

'Genoa pun Berhak Mengeluh Soal Wasit'


'Genoa pun Berhak Mengeluh Soal Wasit'

'Genoa pun Berhak Mengeluh Soal Wasit' - Juventus berang dengan kepemimpinan wasit kala mereka diimbangi Genoa. Kubu Il Grifone pun merasa berhak melakukan hal yang sama karena mereka juga dirugikan.

Dalam lanjutan laga pekan ke-22 Liga Italia, Juve yang bermain di Juventus Stadium, Minggu (27/1/2013) dinihari WIB harus puas bermain imbang 1-1 dengan Genoa. Keunggulan lewat Fabio Quagliarella dihapus oleh gol Marco Boriello.

Laga itu sendiri berakhir dengan insiden kontroversial di detik terakhir laga ketika bek Genoa, Andrea Granqvist, dinilai pemain Juve melakukan handball ketika hendak menyapu bola. Si kulit bundar mengenai lengannya sesudah memantul ke lapangan.

Wasit Marco Guida mendapat protes keras dari pemain Juve yang mengerubunginya namun ia bergeming dengan keputusannya. Usai laga, pelatih Genoa Davide Ballardini menilai jika timnya berhak mengajukan hal serupa di babak pertama ketika Mirko Vucinic menghalangi bola dengan tangannya.

Namun Ballardini tak mau mengeluhkan itu karena ia lebih puas dengan penampilan timnya yang sukses mencuri satu poin dari lawatannya ke kota Turin itu.

"Berbicara soal insiden seorang pemain memang sudah jadi cara paling maksimal dari kultur sepakbola kami," keluh Balladirdini seperti dikutip Football Italia.

"Pada kasus itu, kami juga bisa mengungkit soal Mirko Vucinic yang jelas-jelas handball di babak pertama, tapi kami tidak pernah kelanjutannya seperti apa," sambungnya.

"Saya senang dengan penampilan tim di babak pertama karena kami tidak membiarkan Juve memiliki ruang dan faktanya kami merepotkan mereka."

"Usa jeda kami tampil buruk ketika kebobolan, tapi kami mampu tampil baik dan beruntung bisa menyamakan kedudukan. Kami bermain seperti hari ini karena tahu Juventus tahu cara memecah konsentrasi lawan dengan bermain lewat sayap dan lalu menyerang Anda dengan menusuk ke tengah lapangan," demikian Ballardini.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Baca Juga !

Juve Tak Dapat Penalti, Conte Semprot Wasit
 
 

Antonio Conte dibuat sangat marah oleh keputusan wasit yang tak memberi Juventus hadiah penalti saat pemain Genoa melakukan handsball di kotak penalti. Dia bahkan menyebut wasit itu layak dipecat.

Di laga giornata 22 kontra Genoa yang dimainkan di Juventus Stadium, Minggu (27/1/2013) dinihari WIB, Juve harus puas dengan hasil imbang 1-1. Gol Fabio Quagliarella di menit ke-54 dibalas oleh Marco Borriello di menit ke-68.

Di masa injury time babak kedua, Andreas Granqvist melakukan handsball di kotak penalti saat mencoba menghalau umpan silang yang datang. Tapi wasit Marco Guida yang memimpin laga tak menunjuk titik putih.

Keputusan itu kemudian mengundang protes dari para pemain Juve. Meski demikian, wasit tetap bergeming pada keputusannya. Usai laga, para pemain Juve dan juga Conte kemudian mengerubungi wasit untuk melakukan protes.

Conte pun kemudian melontarkan kecamannya soal wasit. Allenatore Juve itu menilai wasit sudah kelewatan dan karenanya layak untuk dipecat.

"Saya pikir mereka kelewatan hari ini," ujar Conte kepada Sky Sport Italia. "Saya menerima jika mereka mengaku tidak melihat insiden itu, tapi mendengar wasit mengatakan 'saya tidak siap' untuk memberi penalti itu tidak normal."

"Ini bukan sepakbola. Saya pikir dalam hal ini mengatakan 'betapa memalukannya Anda' adalah hal yang paling tidak bisa seseorang lakukan."

"Saya akan menerima jika di tidak melihatnya, tapi wasit di samping gawang mengatakan bahwa itu penalti. Lengan harus dekat dengan bagian dada, aturannya jelas. Dalam kasus ini, Anda harus melepaskan lisensi wasit Anda."

"Jelas besok saya akan mengatakan pada para pemain tentang aspek positif dan negatif dari malam ini, tapi saya tidak bisa mentoleransi apa yang terjadi."

"Jangan dengarkan media yang membagi soal kesalahan yang pro-Juve atau anti-Juve, karena kesalahan ada di mana-mana, menguntungkan dan merugikan siapapun," katanya.

'Genoa pun Berhak Mengeluh Soal Wasit' Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yakenzu Toby