Thursday, 27 December 2012

Gol Pertama SWP Akhiri Banyak Catatan Buruk QPR




Gol Pertama SWP Akhiri Banyak Catatan Buruk QPR - Shaun Wright-Phillips akhirnya mencetak gol pertamanya buat Queens Park Rangers di Premier League. Gol yang memberi kemenangan mengejutkan QPR atas Chelsea itu menghapus banyak catatan buruk klub berjuluk The Hoops itu.

Masuk sebagai pemain pengganti di awal babak pertama, Wright-Phillips menjadi pahlawan QPR dalam lawatan ke Chelsea di pekan ke-21 Liga Inggris. Tendangan keras yang dia lepaskan dari luar kotak penalti di menit 78 menjadi satu-satunya gol yang tercipta di sepanjang pertandingan, dan jadi penentu kemenangan QPR di Stamford Bridge.

Atas golnya tersebut, Wright-Phillips pun jadi pahlawan QPR. Apalagi gol tersebut membuat skuat besutan Harry Redknapp menyudahi banyak catatan buruk, yang tak cuma terjadi di musim ini tapi juga yang sudah berlangsung selama beberapa tahun.

Dikutip dari BBC, keunggulan 1-0 atas Chelsea menjadi kemenangan tandang pertama QPR dalam derby London di ajang Liga Inggris sejak yang terakhir di tahun 1995. Kala itu QPR menang 3-1 atas Wimbledon.

Hasil tersebut juga menjadi kemenangan pertama QPR di Stamford Bridge untuk ajang Liga Inggris dalam kurun 33 tahun terakhir. QPR pernah menundukkan Chelsea di Stamford Bridge, tapi itu terjadi pada Maret 1979 juga dengan skor 3-1.

Sementara Opta mencatat kalau tiga poin dari laga dinihari tadi menyudahi 23 laga tandang tak pernah menang QPR untuk pertandingan Premier League. Rekor QPR dalam kurun tersebut adalah lima kali imbang dan 18 kekalahan.

Bukan cuma catatan-catatan buruk QPR yang terhenti oleh gol Wright-Phillips karena winger asal Inggris itu juga berhasil menyudahi puasa golnya. Sebagai catatan, itu merupakan gol pertama QPR di Liga Inggris setelah yang terakhir dia buat pada 9 Mei 2010, saat masih memperkuat Manchester City. Total SWP harus menunggu 969 hari untuk bisa mencetak gol kembali.

Faktanya, pesepakbola yang sempat juga membela Chelsea itu menjadi pemain yang paling banyak melepaskan tembakan di tahun 2012 lalu. Total dia membuat 42 tembakan, meski tak satu pun yang berujung gol.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Baca Juga !

Suarez Dua Gol, Liverpool Awali 2013 dengan Kemenangan

 

Liverpool memetik poin penuh pada laga pertama mereka di 2013. The Reds menang 3-0 atas Sunderland. Luis Suarez mencetak dua gol, sementara satu gol lainnya disumbang Raheem Sterling.

Pada pertandingan yang berlangsung di Anfield, Kamis (3/1/2013) dinihari WIB, Liverpool tampil relatif mendominasi di awal-awal babak pertama. Mereka memenangi penguasaan bola hingga 60%.

Liverpool mendapatkan peluang pada menit ke-11 ketika Luis Suarez dilanggar oleh Matthew Kilgallon di luar kotak penalti. Mereka mendapatkan tendangan bebas, namun eksekusi yang dilakukan Stewart Downing masih bisa ditepis oleh Simon Mignolet.

'Si Merah' akhirnya unggul delapan menit berselang. Umpan dari Suarez, yang dilepaskan dari tengah lapangan, diterima oleh Sterling yang tidak terkawal. Dia kemudian me-lob bola melewati Mignolet dan membawa timnya unggul 1-0.

Suarez kemudian mencatatkan diri sebagai pencetak gol pada menit ke-26. Setelah menerima operan dari Steven Gerrard, dia memenangi duel dengan pemain bertahan Sunderland dan menusuk sendirian ke dalam kotak penalti. Lewat sebuah sepakan kaki kanan, ia membobol gawang Mignolet.

Sunderland bukannya tak punya peluang. Craig Gardner mendapatkan peluang pada menit ke-31, namun tendangannya diblok.

Empat menit berselang gantian tendangan Sebastian Larsson dari luar kotak penalti yang gagal, lagi-lagi masih bisa diblok. Tak beberapa lama, umpan dari Adam Johnson, menyusul sebuah tendangan bebas, disambar oleh James McClean. Namun, tendangan McClean ditepis oleh Reina.

Tiga menit menjelang babak pertama selesai, sundulan Martin Skrtel belum menemui sasaran. Sundulan bek Liverpool itu masih melenceng di samping gawang Mignolet.

Liverpool masih menguasai jalannya pertandingan di awal-awal babak kedua. Tepat pada menit ke-53, mereka kembali mencetak gol.

Gol tersebut diawali oleh umpan jauh yang dilepaskan Gerrard dari tengah lapangan. Umpan tersebut jatuh tepat di jantung pertahanan Sunderland dan diterima oleh Suarez. Setelah menahan bola sejenak, ia kemudian menceploskan bola ke gawang Mignolet dengan kaki kanannya. Liverpool 3, Sunderland 0.

Unggul tiga gol, Liverpool belum mengendurkan tekanan. Mereka sempat mencetak satu gol lagi lewat Glen Johnson. Gol tersebut kemudian dianulir oleh wasit lantaran Johnson dinilai berada dalam posisi offside.

Joe Allen, yang masuk menggantikan Sterling, mendapatkan peluang di menit ke-85. Ia menyambar umpan Johnson dari sisi kiri. Sial baginya, tendangannya masih melenceng tipis di sebelah kanan gawang Mignolet.

Beberapa menit kemudian Allen memasukkan bola ke gawang Mignolet. Tapi, golnya tidak dihitung lantaran Downing, yang memberikan umpan kepadanya, terlebih dulu berada dalam posisi offside.

Skor 3-0 itu bertahan sampai laga habis. Liverpool naik ke urutan delapan klasemen dengan koleksi nilai 31. Sementara Sunderland tetap berada di urutan 14 dengan nilai 22.

Susunan Pemain

Liverpool: Reina; Johnson, Agger, Skrtel (Carragher 73), Wisdom; Gerrard, Henderson (Suso 67), Lucas; Downing, Sterling (Allen 57), Suarez.

Sunderland: Mignolet; Rose (Vaughan 73), Gardner, Kilgallon, Cuellar; Larsson (McFadden 62), Colback, Johnson, McClean, Sessegnon (Campbell 46); Fletcher.

Gol Pertama SWP Akhiri Banyak Catatan Buruk QPR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yakenzu Toby