Thursday, 20 December 2012

Sociedad Beri Barca Kekalahan Pertama


 

 Sociedad Beri Barca Kekalahan Pertama - Ghantoby - Barcelona akhirnya menelan kekalahan di ajang Liga Spanyol musim ini. Meski sempat unggul dua gol lebih dulu, tim asal Catalan itu kalah 2-3 saat melawat ke kandang Real Sociedad.

Di pertandingan yang berlangsung di stadion Anoeta, Minggu (20/1/2013) dinihari WIB, Barca sempat unggul berkat gol yang dicetak oleh Lionel Messi di menit ketujuh dan Pedro Rodriquez di menit 24.

Empat menit sebelum turun minum, Gonzalo Castro berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Barca harus bermain dengan 10 orang sejak menit 56 setelah Gerard Pique mendapatkan kartu kuning kedua. Sociedad yang unggul jumlah pemain bisa menambah dua gol tambahan.

Satu lewat gol bunuh diri Javier Mascherano menit 63. Dan satu lagi diciptakan Imanol Agirretxe saat laga memasuki injury time.

Dengan kekalahan pertama ini perolehan angka Barca tertahan di angka 55. Los Cules masih menempati posisi pertama klasemen dengan keunggulan 14 poin dari Atletico Madrid di peringkat dua dan 18 atas Real Madrid di tangka ketiga klasemen yang baru akan melakoni laga besok.

Sementara bagi Sociedad, tambahan tiga angka ini membuat raihan angak mereka menjadi 29 poin dan menempati posisi sembilan klasemen.

Jalannya Pertandingan

Sociedad langsung tancap gas begitu laga dimulai. Di menit pertama, tendangan jarak jauh Asier Illarramendi yang masih melebar dari gawang yang dijaga Victor Valdes.

Enam menit kemunian Azulgrana berhasil mencatatkan gol pertama. Gol itu hadir lewat kaki Messi memanfaatkan bola sodoran Andres Iniesta dari tengah lapangan.

Messi yang bisa menguasai bola lalu melepaskan tendangan placing mengarah ke pojok kiri bawah gawang Sociedad.

Sociedad mengancam lewat Xabi Prieto empat menit kemudian. Sial, sepakannya meneruskan umpan Castro itu masih melebar.

Pedro hampir mencatatkan namanya di papan skor pada menit 14. Belum beruntung, bola tendangannya masih membentur gawang tim tuan rumah.

Pedro akhirnya bisa menyumbangkan gol di menit 25. Dani Alves yang menusuk dari sayap kanan bisa mengirim umpan silang menyusur tanah. Sambil menjatuhkan diri, Pedro menyambar bola yang masuk ke gawang Sociedad.

Messi hampir mencetak gol keduanya di menit 40 setelah bola tendangannya cuma membentur tiang kiri gawang yang dikawal oleh Claudio Bravo.

Semenit berselang justru Sociedad yang sukses membukukan gol. Castro sukses memaksimalkan umpan matang Carlos Vela untuk menjebol gawang Valdes. Kedudukan berubah jadi 2-1 yang bertahan hingga turun minum.

Barca harus bermain dnegan 10 orang setelah Pique mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 56. Kartu merah itu merupakan hasil pelanggaran pada Vela.

Sociedad berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 saat laga berjalan 62 menit. Sepakan Castro membentur Mascherano terlebih dulu sebelum masuk ke gawang Valdes. Papan skor mencatat pemain asal Argentina itu mencetak gol bunuh diri.

Agirretxe memastikan kemenangan tuan rumah dengan gol yang dikemasnya saat laga memasuki waktu tambahan. Gol itu meneruskan umpan dari Carlos Martinez.

Tak lama kemudian wasit membunyikan peluit panjang, Sociedad pun menang dengan skor akhir 3-2.


Susunan Pemain

Sociedad: Claudio Bravo, Carlos Martinez, Mikel Gonzalez, Inigo Martinez, Alberto de la Bella, Markel Larranaga, Antoine Griezmann, Illarramendi, Gonzalo Castro (Diego Ifran 74), Xabi Prieto (Ruben Pardo 79), Carlos Vela (Imanol Agirretxe 84)

Barcelona: Victor Valdes, Dani Alves, Gerard Pique, Carles Puyol, Jordi Alba, Cesc Febregas (Javier Mascherano 59), Xavi, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Lionel Messi, Pedro (Adriano 88)

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

BACA JUGA !

Mancini Tak Pernah Risaukan Rumor City-Guardiola



Sebelum akhirnya ditunjuk jadi pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola santer dikabarkan akan melatih Manchester City. Rumor itu rupanya tak pernah membuat Roberto Mancini khawatir.

Setelah meletakkan jabatannya di Barcelona di akhir musim lalu, Guardiola memutuskan untuk isirahat sejenak dari sepakbola. Jelang berakhirnya masa istirahatnya beberapa waktu lalu, pelatih yang memberi 14 gelar untuk Barca itu dikabarkan didekati oleh beberapa klub besar Eropa.

City disebut-sebut menjadi salah satu klub yang paling gencar mengejar tanda tangan Pelatih Terbaik Dunia 2011 itu. Rumor itu bahkan diyakini bukan isapan jempol belaka setelah seorang sumber mengklaim hal tersebut serta keberadaan dua orang dekat Pep saat di Barca Ferran Soriano dan Txiki Begiristain di City.

Meski kerap diisukan akan digantikan oleh Guardiola, Mancini tak risau. Manajer asal Italia itu yakin bahwa dirinya akan bertahan di Etihad sampai kontraknya berakhir di 2017.

"Saya tidak pernah punya masalah untuk ini. Saya mengerti surat kabar harus menulis bahwa setiap manajer menginginkan pekerjaan ini karena ini adalah pekerjaan yang bagus," ujar Mancini seperti dikutip Soccernet.

"Tapi saya pikir kami bekerja dengan sangat baik di sini, saya punya kontrak lima tahun dan saya pikir memungkinkan untuk bertahan selama lima tahun."

Guardiola pada akhirnya menerima pinangan Bayern untuk menjadi pelatih mereka mulai musim depan. Mancini menilai keputusan Guardiola itu adalah solusi terbaik untuk kelanjutan karier pelatih asal Spanyol itu.

"Saya pikir setelah satu tahun dia memutuskan untuk pergi ke tim lain. Bayern Munich adalah salah satu klub top di dunia untuk sejarahnya, seperti Barca. Jika dia memutuskan ini, maka adalah karena keputusan itu solusi terbaik untuknya," katanya.

Sociedad Beri Barca Kekalahan Pertama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yakenzu Toby